Tuesday, September 26, 2023

BERWISATA KE KOTA SAUSAPOR

Sausapor adalah sebuah kota kecil di pesisir pantai utara Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat Daya. Kota ini merupakan daerah tujuan yang baik untuk para wisatawan yang ingin menghilangkan stress, atau melepaskan diri sejenak dari tekanan kesibukan kerja di kota, sambil menikmati keindahan alam. 

sunset in sausapor, provinsi papua barat daya
Sausapor adalah kota senja di Provinsi Papua Barat Daya

Kota Sausapor juga cocok bagi wisatawan yang ingin berlibur bersama keluarga sambil menikmati keindahan pantai, suasana senja matahari terbenam, serta pemandangan alam bahari yang memukau. 

Aktivitas Wisata

Wisatawan yang ingin berlibur di Sausapor bisa menikmati berbagai aktivitas wisata secara mandiri. Hal yang umum dilakukan adalah berenang di tepi pantai. Jalan-jalan keliling kota dan sepanjang pesisir pantai. Jika perairan laut Sausapor sedang teduh, wisatawan bisa menikmati snorkeling di perairan yang ada terumbu karangnya. Wisatawan perlu membawa perlengkapan snorkeling sendiri seperti kaca mata snorkeling (mask), snorkel (pipa napas), kaki bebek (swim fins). Wisatawan bisa pula membawa pelampung (life jacket) jika ingin berenang di perairan terumbu karang yang lebih dalam. 

wisata bahari di sausapor
Wisatawan bisa jalan-jalan keliling kota kecil Sausapor atau melakukan aktivitas wisata alam seperti snorkeling dan pengamatan burung

Para penggemar olah raga mancing bisa juga menikmati aktivitas mereka dari tepi pantai, pinggiran dermaga speedboat atau menyewa perahu motor warga untuk pergi ke perairan yang lebih dalam. 

Para penggemar olah raga selancar ombak bisa berselancar di Sausapor antara bulan November hingga April. 

atraksi wisata di tambrauw
Kupu-kupu yang berwana-warni di Kab. Tambrauw

Fotografi - para pencinta fotografi akan mendapati bahwa di kota Sausapor dan sekitarnya ada banyak sekali subyek yang bisa difoto. Ada berbagai spesies burung seperti Lesser Frigatebird, Oriental Pratincole, Pacific Golden Plover, Black-naped Tern, Crested Tern dan Sanderling, Torresian Crow, Sahul Sunbird, Singing Starling di pesisir pantai Sausapor. Ada juga kupu-kupu yang berwarna-warni seperti Priamus Birdwing Butterfly dan Ulysses Butterfly. 

Ada juga bunga-bunga baik yang tumbuh liar maupun yang sengaja ditanam oleh pihak manajemen untuk memperindah Sansapore Pacific Park. 

bunga tropis
Bunga-bunga tropis di Sansapore Pacific Park

Akomodasi

Ada beberapa pilihan akomodasi yang tersedia di Sausapor. Salah satunya adalah Sansapore Pacific Park. Ini adalah sebuah resort yang terletak di tepi pantai. Ada 11 bungalow berbahan kayu dengan kipas angin dan 10 kamar dengan dinding beton yang dilengkapi AC. Harganya cukup terjangkau bagi perorangan maupun keluarga yang ingin berlibur di Sausapor. Sansapore Pacific Park memiliki pula restoran yang bisa menyediakan makanan bagi para wisatawan yang datang dalam kelompok-kelompok besar. 

hotel di sausapor
Akomodasi Standard di Sansapor Pacific Park

penginapan di kabupaten tambrauw
Kamar VIP di Sansapore Pacific Park
homestay di sausapor
Akomodasi Standard di Sansapore Pacific Park

Ada berbagai macam toko dan rumah makan yang menyediakan berbagai keperluan wisatawan selama berlibur di Sausapor. 

Sansapore Pacific Park merupakan lokasi yang cocok untuk berlibur, menginap, melakukan kegiatan retreat, outbound dan berbagai aktivitas organisasi/ perusahaan lainnya, yang bertujuan meningkatkan kekompakkan para anggota atau timnya. 


Perlengkapan

Wisatawan biasanya membawa beberapa perlengkapan saat berwisata seperti kacamata anti-silau matahari (sunglasses), krim pelindung kulit dari sengatan matahari, payung/ jas hujan, senter kecil, charger untuk ponsel, kamera, binokular (optional), serta baju renang dan perlengkapan snorkeling, alat pancing, dll


Bagaimana Pergi ke Sausapor?

Wisatawan yang tinggal di kota Sorong bisa dengan mudah bepergian ke kota Sausapor menggunakan kendaraan darat maupun laut. Sausapor bisa dijangkau menggunakan kendaraan 4WD dari kota Sorong dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam. Wisatawan yang hendak pergi ke sana bisa naik kendaraan umum 4WD di Kilo 12 masuk Bambu Kuning, atau di pangkalan Kendaraan Umum Tambrauw di Kilo 13 sebelum hutan lindung. Untuk jadwal pelayaran kapal ke Sausapor, wisatawan bisa melihat jadwal kapal di pelabuhan rakyat. 

jalur penerbangan ke sorong
Rute Penerbangan dari Jakarta dan Denpasar ke kota Sorong

jalur darat
Rute kendaraan darat dari kota Sorong ke Sausapor

Untuk wisatawan internasional, mereka perlu terbang dari negara masing-masing ke Jakarta atau Denpasar. Setelah itu mereka bisa melanjutkan perjalanan ke kota Sorong dengan naik Garuda, Citilink atau Batik dan Lion Air. 


Booking

Jika Anda tertarik untuk berlibur di kota Sausapor dan menginap di Sansapore Pacific Park, silahkan menghubungi Vincensia Natalia dengan mengirimi pesan singkat (sms) atau WA ke nomor +6281244364246.

Jika Anda ingin bepergian ke Sausapor secara berkelompok, pihak Sansapore Pacific Park bisa membantu mencarikan kendaraan charter 4WD.

Ditulis oleh LCR

No comments:

Post a Comment